Rabu, 27 Juni 2012

PENGETAHUAN DAN PENGEMBANGAN KREATIFITAS DIRI

PEMAHAMAN YANG BERKAITAN DENGAN KRETIFITAS
1.KREATIFITAS ADALAH  :  KEMAMPUAN UNTUK MEMUNCULKAN / MEWUJUDKAN  SUATU IDE BARU
2.BERPIKIR KREATIF ADALAH : SUATU BAKAT BAWAAN YANG DIMILIKI SEJAK LAHIR DAN SEKUMPULAN KETERAMPILAN YANG DAPAT DIPELAJARI, DIKEMBANGKAN DAN DIGUNAKAN UNTUK MEMECAHKAN MASALAH SEHARI HARI.
3.ORANG KREATIF ADALAH :  ORANG YANG TIDAK MENGHAMBAT KREATIFITAS BAWAAN MEREKA DAN MEMFOKUSKAN KEMAMPUANNYA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPANNYA ;
4.INOVASI ADALAH : PENERAPAN TERHADAP IDE -IDE KREATIFITAS TERSEBUT MENJADI KENYATAAN BERWUJUD

 DIMANA KREATIFITAS DIBUTUHKAN
1.DISETIAP TINGKAT ORGANISASI  ( DIMANA SAJA  )
2.DISETIAP FUNGSI DAN PERANAN DALAM ORGANISASI 
3.SETIAP ORANG DIDALAM ORGANISASI MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MENJADI KREATIF.
4.PADA TINGKAT PEGAULAN SEHARI-HARI
5.TINGKAT BURUH YANG  KREATIF DAPAT MEM-BERIKAN KEUNTUNGAN PADA KARYAWAN
KAPAN KREATIFITAS DIPERLUKAN  
PADA UMUMNYA KREATIFITAS DIPERLUKAN PADA SAAT SESEORANG MELAKUKAN
AKTIFITIS YANG BUKAN MERUPAKAN PEKERJAAN RUTINNYA DAN
KREATIFITAS TIMBUL PADA SAAT :
1.MENGHADAPI MASALAH YANG MENANTANG.
2.MENGHADAPI KESULITAN DALAM MENYELE-SAIKAN SUATU PEKERJAAN
3.MENGHADAPI RESIKO YANG BESAR.
4.MENCAPAI SUATU TUJUAN BESAR.
DALAM KONDISI KEPEPET   
CIRI-CIRI KEPRIBADIAN KREATIF
1.TERBUKA TERHADAP PENGALAMAN       
 BERMINAT DAN TANGGAP TERHADAP LINGKUNGANNYA DAN BERPERILAKU SISTIMATIS
2.KREATIF DALAM BERIMAJINASI  
 MEMILIKI KEMAMPUAN  BEKERJA UNTUK BEKERJA PENUH IMAJINASI
3.KECAKAPAN   
MEMILIKI KEYAKINAN  DIRI ( TEGUH PENDIRIAN )   
4.KEPUASAN.                                                          
 MEMILIKI KEPUASAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH
5.RASA TANGUNG JAWAB                                    
  MERASA BERTANGUNG JAWAB  UNTUK BERPRESTASI 
CARA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR
1.SELALU BERTANYA :  APA ADA CARA YANG LEBIH BAIK
2.SELALU MENANTANG KEBIASAAN,TRADISI DAN RUTIN
3.BEREFLEKSI /MEMBAYANGKAN BERPIKIR MENDALAM.
4.BERANI MENCOBA DAN BERSPEKTIF YANG BERBEDA
5.MENYADIRI BAHWA PERMASALAHAN  DAPAT DISELESAIKAN DENGAN BANYAK JALAN
6.MELIHAT KEGAGALAN DAN KESALAHAN SEBAGAI JALAN MENUJU KESUKSESAN
7.MENGKORELASIKAN IDE–IDE YANG SAMA UNTUK MELAKUKAN INOVASI.
8.MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK BANGKIT DARI KEBIASAAN RUTIN DAN MELIHAT PERMASALAHAN DARI PERSPEKTIF YANG LUAS  DAN FOKUS PADA KEBUTUH-AN TERHADAP PERUBAHAN SIMBUL -  SIMBUL
TUJUH LANGKAH UNTUK
BERPIKIR KREATIF DAN BERTINDAK INOVATIF
      LANGKAH  PERTAMA : PERSIAPAN
1.SETIAP SITUASI MERUPAKAN PELUANG UNTUK BELAJAR
2.BELAJAR JANGAN TERFOKUS PADA SUATU KE AHLIAN
3.DISKUSIKAN IDE KITA DENGAN ORANG LAIN
4.HIMPUN ARTIKEL YANG PENTING
5.TEMUI PROFESIONAL DAN BELAJAR CARA MEREKA MEMECAHAN MASALAH.
6.GUNAKAN WAKTU UNTUK BELAJAR SESUATU DARI ORANG LAIN.
7.KEMBANGKAN KETERAMPILAN MENYIMAK  GAGASAN ORANG LAIN 
LANGKAH KEDUA : PENYELIDIKAN
KEGIATAN PENYELIDIKAN  DILAKUKAN UNTUK DAPAT MENGEMBANGAKAN PEMAHAMAN YANG MENDALAM TENTANG MASALAH UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MENCIPTAKAN KONSEP – KONSEP BARU MELALUI IDE- IDE YANG DIDUKUNG OLEH INISIATIF DAN KREATIFITAS SERTA
INOVATIF    
  LANGKAH KETIGA; TRANSFORMASI MELAKUKAN IDENTIFIKASI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN INFORMASI
BERPIKIR KONVERGEN  : 
KEMAMPUAN UNTUK MELIHATKAN KESAMAAN DAN HUBUNGAN DATA DIANTARA YANG BERANEKA RAGAM DIDALAM KEHIDUPAN  DILAPANGAN SEHARI
HARI   
BERPIKIR DIVERGEN :
SUATU KEMAMPUAN YANG DIMILIKI  SECARA INDI-
VIDUAL UNTUK MELIHAT PERBEDAAN ANTARA DA-
TA DAN KEJADIAN –KEJADIAN YANG BERMACAM-
MACAM
CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENSTRANFORMASIKAN  INFORMASI
1.EVALUASI BAGIAN SITUASI DATA BEBERAPA SAAT SECARA UMUM.
2.SUSUN KEMBALI UNSUR SITUASI MASALAH /ISU DALAM PRESPEKTIF  YANG BERBEDA BEDA DAN PERSAMAAN  SECARA CERMAT.
3.ANALISA MELALUI PENDEKATAN DAN SE-MAKIN BANYAK PENDEKATAN  YANG DIGU-NAKAN SEMAKIN DEKAT KEBERHASILAN AKAN DICAPAI.
4.JANGAN TERGESA GESA MEMECAHKAN MASALAH
LANGKAH KE EMPAT : PENETASAN 
LATIHAN BERPIKIR KREATIF :
1.MENJAUHKAN DIRI DARI SITUASI UNTUK MENDORONG PIKIRAN DIBAWAH SADAR.
2.SEDIAKAN WAKTU UNTUK BERKHAYAL
3.SANTAI DAN BERMAIN SECARA TERATUR AN-DA AKAN MENDAPAT IDE BESAR DAN CATAT IDE BESAR TERSEBUT
4.BERKHAYAL TENTANG MASALAH DAN PELU-ANG MENJELANG TIDUR ADALAH WAKTU YANG EFEKTIF.
5.KEJARLAH MASALAH DAN PELUANG WALAUPUN DALAM LINGKUNGAN YANG BERBEDA
LANGKAH KELIMA ; PENERANGAN
KETIKA MELAKUKAN PEMECAHAN MASALAH MAKA SECARA SPONTAN ADANYA IDE YANG MENYEBABKAN TIMBULNYA TITIK TERANG DAN PADA TAHAP INI SEMUA TAHAP SEBELUMNYA MUNCUL BERSAMA SAMA DAN MELAHIRKAN IDE -IDE KREATIF DAN INOVATIF 
  LANGKAH KEENAM :  PENGUJIAN
BERKAITAN DENGAN KEAKURATAN DAN PEMANFAATAN IDE IDE YANG MUNCUL DA PAT DILAKUKAN PADA MASA PERCOBAAN, PROSES SIMULASI, TES PERMASALAHAN PEMBANGUNAN PILOT PROYEK, MEMBANGUN PROTOTIPE DAN AKTIFITAS LAINNYA YANG DIRANCANG UNTUK MEMBUKTIKAN IDE – IDE BARU YANG AKAN DI IMPLEMENTASIKAN    
LANGKAH KETUJUH : IMPLEMENTASI
MELAKUKAN KEGIATAN TANSFORMASI TERHADAP IDE – IDE YANG DI UJI COBA KE
DALAM SUATU KEGIATAN – KEGIATAN YANG BERKAITAN SECARA LANSUNG
DENGAN PRAKTEK BISNIS DILAPANGAN
SEPULUH PENGHAMBAT BERPIKIR KREATIF
1.HANYA MENCARI JAWABAN YANG BENAR DARI  SATU MASALAH YANG DIHADAPI
2.BERPIKIR HANYA TERFOKUS PADA LOGIKA SEDANGKAN BERPIKIR SECARA KREATIF DAN IMAJINASI DIABAIKAN
3.TERIKAT DENGAN HIDUP PRAKTIS SEMATA DAN  MEMBATASI   KREATIFITAS
4.BERLINDUNG PADA ATURAN YANG ADA  SEDANGKAN KREATIFITAS SANGAT TERGANTUNG PADA KONDISI SAAT SEKARANG.
5. KREATIFITAS TERCIPTA APABILA SESEORANG MAU BELAJAR DAN BERMAIN DAN ORANG YANG MEMPUNYAI PANDANGAN BERMAIN PERBUATAN SIA SIA CENDERUNG MEMBATASI KREATIFITAS
6.  TERLALU SPESIALISASI DAN MEMBATASI KE-MAMPUAN DALAM MELIHAT MASALAH LAIN DAN SESEORANG YAG KREATIF CENDERUNG BERSIFAT EKSPLORATIF DAN MENCARI IDE IDE BARU DILUAR BIDANG SPESIALISASINYA.
7.  KEMENDUAAN ( AMBIGUITAS ) MERUPAKAN KEKUATAN YANG MENDORON KREATIFITAS OLEH KARENANYA MENGHINDARI AMBIGUITAS MERUPAKAN PENGHABAT KREATIFITAS.
8.ADANYA RASA TAKUT BILA DINILAI/ DIANGGAP  ORANG LAIN BODOH MERUPAKAN SALAH SATU PENGHAMBAT KREATIFITAS
9.MERASA TAKUT TERHADAP KEGAGALAN MERUPAKAN SUATU YANG MENGHAMBAT SUATU KREATIFITAS SESEORANG
10.PADA PRINSIPNYA SETIAP ORANG MEMPU-NYAI POTENSI UNTUK BERKREATIF, TAKUT PADA KETIDAK MAMPUAN UNTUK BERBUAT KREATIF MERUPAKAN HAMBATAN UNTUK BERPIKIR KREATIF
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar