PEMAHAMAN YANG BERKAITAN DENGAN
KRETIFITAS
1.KREATIFITAS ADALAH : KEMAMPUAN UNTUK MEMUNCULKAN /
MEWUJUDKAN SUATU IDE BARU
2.BERPIKIR KREATIF ADALAH : SUATU BAKAT BAWAAN YANG DIMILIKI
SEJAK LAHIR DAN SEKUMPULAN
KETERAMPILAN YANG DAPAT DIPELAJARI, DIKEMBANGKAN DAN DIGUNAKAN UNTUK MEMECAHKAN
MASALAH SEHARI HARI.
3.ORANG KREATIF ADALAH : ORANG
YANG TIDAK MENGHAMBAT KREATIFITAS BAWAAN MEREKA DAN MEMFOKUSKAN KEMAMPUANNYA
DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPANNYA ;
4.INOVASI ADALAH : PENERAPAN TERHADAP IDE -IDE
KREATIFITAS TERSEBUT MENJADI KENYATAAN BERWUJUD
DIMANA
KREATIFITAS DIBUTUHKAN
1.DISETIAP
TINGKAT ORGANISASI ( DIMANA SAJA )
2.DISETIAP
FUNGSI DAN PERANAN DALAM ORGANISASI
3.SETIAP
ORANG DIDALAM ORGANISASI MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MENJADI KREATIF.
4.PADA
TINGKAT PEGAULAN SEHARI-HARI
5.TINGKAT
BURUH YANG KREATIF DAPAT MEM-BERIKAN
KEUNTUNGAN PADA KARYAWAN
KAPAN KREATIFITAS DIPERLUKAN
PADA UMUMNYA KREATIFITAS DIPERLUKAN PADA SAAT SESEORANG MELAKUKAN
AKTIFITIS YANG BUKAN MERUPAKAN PEKERJAAN RUTINNYA DAN
KREATIFITAS TIMBUL PADA SAAT :
1.MENGHADAPI MASALAH YANG
MENANTANG.
2.MENGHADAPI KESULITAN DALAM
MENYELE-SAIKAN SUATU PEKERJAAN
3.MENGHADAPI RESIKO YANG BESAR.
4.MENCAPAI SUATU TUJUAN BESAR.
DALAM KONDISI KEPEPET
CIRI-CIRI
KEPRIBADIAN KREATIF
1.TERBUKA
TERHADAP PENGALAMAN
BERMINAT DAN TANGGAP TERHADAP
LINGKUNGANNYA DAN BERPERILAKU SISTIMATIS
2.KREATIF
DALAM BERIMAJINASI
MEMILIKI KEMAMPUAN BEKERJA UNTUK BEKERJA PENUH IMAJINASI
3.KECAKAPAN
MEMILIKI KEYAKINAN DIRI ( TEGUH PENDIRIAN )
4.KEPUASAN.
MEMILIKI KEPUASAN DALAM MEMECAHKAN
MASALAH
5.RASA
TANGUNG JAWAB
MERASA BERTANGUNG JAWAB UNTUK BERPRESTASI
CARA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN
BERPIKIR
1.SELALU BERTANYA : APA ADA CARA YANG LEBIH BAIK
2.SELALU MENANTANG KEBIASAAN,TRADISI
DAN RUTIN
3.BEREFLEKSI /MEMBAYANGKAN BERPIKIR
MENDALAM.
4.BERANI MENCOBA DAN BERSPEKTIF YANG
BERBEDA
5.MENYADIRI BAHWA PERMASALAHAN DAPAT DISELESAIKAN DENGAN BANYAK JALAN
6.MELIHAT KEGAGALAN DAN KESALAHAN
SEBAGAI JALAN MENUJU KESUKSESAN
7.MENGKORELASIKAN IDE–IDE YANG SAMA
UNTUK MELAKUKAN INOVASI.
8.MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK BANGKIT
DARI KEBIASAAN
RUTIN DAN MELIHAT PERMASALAHAN DARI PERSPEKTIF YANG LUAS DAN FOKUS PADA KEBUTUH-AN TERHADAP PERUBAHAN
SIMBUL - SIMBUL
TUJUH
LANGKAH UNTUK BERPIKIR KREATIF DAN BERTINDAK INOVATIF
LANGKAH PERTAMA : PERSIAPAN
1.SETIAP SITUASI MERUPAKAN PELUANG
UNTUK BELAJAR
2.BELAJAR JANGAN TERFOKUS PADA
SUATU KE AHLIAN
3.DISKUSIKAN IDE KITA DENGAN ORANG
LAIN
4.HIMPUN ARTIKEL YANG PENTING
5.TEMUI PROFESIONAL DAN BELAJAR
CARA MEREKA MEMECAHAN MASALAH.
6.GUNAKAN WAKTU UNTUK BELAJAR
SESUATU DARI ORANG LAIN.
7.KEMBANGKAN KETERAMPILAN
MENYIMAK GAGASAN ORANG LAIN
LANGKAH
KEDUA : PENYELIDIKAN
KEGIATAN PENYELIDIKAN DILAKUKAN UNTUK DAPAT MENGEMBANGAKAN PEMAHAMAN YANG MENDALAM TENTANG MASALAH UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MENCIPTAKAN KONSEP – KONSEP BARU MELALUI IDE- IDE YANG DIDUKUNG
OLEH INISIATIF DAN KREATIFITAS SERTA
INOVATIF
LANGKAH
KETIGA; TRANSFORMASI MELAKUKAN IDENTIFIKASI PERSAMAAN DAN PERBEDAAN INFORMASI
BERPIKIR
KONVERGEN :
KEMAMPUAN
UNTUK MELIHATKAN KESAMAAN DAN
HUBUNGAN DATA DIANTARA YANG BERANEKA
RAGAM DIDALAM KEHIDUPAN DILAPANGAN
SEHARI
HARI
BERPIKIR DIVERGEN :
SUATU KEMAMPUAN YANG
DIMILIKI SECARA INDI-
VIDUAL UNTUK MELIHAT PERBEDAAN
ANTARA DA-
TA DAN KEJADIAN –KEJADIAN YANG
BERMACAM-
MACAM
CARA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENSTRANFORMASIKAN INFORMASI
1.EVALUASI BAGIAN SITUASI DATA
BEBERAPA SAAT SECARA UMUM.
2.SUSUN KEMBALI UNSUR SITUASI
MASALAH /ISU DALAM PRESPEKTIF YANG
BERBEDA BEDA DAN PERSAMAAN SECARA CERMAT.
3.ANALISA MELALUI PENDEKATAN DAN
SE-MAKIN BANYAK PENDEKATAN YANG
DIGU-NAKAN SEMAKIN DEKAT KEBERHASILAN AKAN DICAPAI.
4.JANGAN TERGESA GESA MEMECAHKAN
MASALAH
LANGKAH KE EMPAT : PENETASAN
LATIHAN
BERPIKIR KREATIF :
1.MENJAUHKAN DIRI DARI SITUASI UNTUK
MENDORONG PIKIRAN DIBAWAH SADAR.
2.SEDIAKAN WAKTU UNTUK BERKHAYAL
3.SANTAI DAN BERMAIN SECARA TERATUR
AN-DA AKAN MENDAPAT IDE BESAR DAN CATAT IDE BESAR TERSEBUT
4.BERKHAYAL TENTANG MASALAH DAN
PELU-ANG MENJELANG TIDUR ADALAH WAKTU YANG EFEKTIF.
5.KEJARLAH MASALAH DAN PELUANG
WALAUPUN DALAM LINGKUNGAN YANG BERBEDA
LANGKAH
KELIMA ; PENERANGAN
KETIKA
MELAKUKAN PEMECAHAN MASALAH
MAKA SECARA SPONTAN ADANYA IDE YANG
MENYEBABKAN TIMBULNYA TITIK TERANG
DAN PADA TAHAP INI SEMUA TAHAP
SEBELUMNYA MUNCUL BERSAMA SAMA
DAN MELAHIRKAN IDE -IDE KREATIF DAN
INOVATIF
LANGKAH
KEENAM : PENGUJIAN
BERKAITAN DENGAN KEAKURATAN DAN PEMANFAATAN IDE IDE YANG MUNCUL DA PAT DILAKUKAN PADA MASA
PERCOBAAN, PROSES SIMULASI, TES PERMASALAHAN PEMBANGUNAN PILOT PROYEK, MEMBANGUN PROTOTIPE DAN AKTIFITAS
LAINNYA YANG DIRANCANG UNTUK
MEMBUKTIKAN IDE – IDE BARU YANG AKAN DI
IMPLEMENTASIKAN
LANGKAH
KETUJUH : IMPLEMENTASI
MELAKUKAN KEGIATAN TANSFORMASI TERHADAP IDE – IDE YANG DI UJI COBA KE
DALAM SUATU KEGIATAN – KEGIATAN YANG BERKAITAN SECARA LANSUNG
DENGAN PRAKTEK BISNIS DILAPANGAN
SEPULUH PENGHAMBAT BERPIKIR KREATIF
1.HANYA
MENCARI JAWABAN YANG BENAR DARI SATU
MASALAH YANG DIHADAPI
2.BERPIKIR
HANYA TERFOKUS PADA LOGIKA SEDANGKAN BERPIKIR SECARA KREATIF DAN IMAJINASI
DIABAIKAN
3.TERIKAT
DENGAN HIDUP PRAKTIS SEMATA DAN
MEMBATASI KREATIFITAS
4.BERLINDUNG
PADA ATURAN YANG ADA SEDANGKAN
KREATIFITAS SANGAT TERGANTUNG PADA KONDISI SAAT SEKARANG.
5.
KREATIFITAS TERCIPTA APABILA
SESEORANG MAU BELAJAR DAN BERMAIN DAN ORANG YANG MEMPUNYAI PANDANGAN BERMAIN PERBUATAN SIA SIA CENDERUNG MEMBATASI KREATIFITAS
6. TERLALU SPESIALISASI DAN MEMBATASI KE-MAMPUAN
DALAM MELIHAT MASALAH LAIN DAN SESEORANG YAG KREATIF CENDERUNG BERSIFAT
EKSPLORATIF DAN MENCARI IDE IDE BARU DILUAR BIDANG
SPESIALISASINYA.
7. KEMENDUAAN ( AMBIGUITAS ) MERUPAKAN KEKUATAN
YANG MENDORON KREATIFITAS OLEH KARENANYA MENGHINDARI AMBIGUITAS MERUPAKAN
PENGHABAT KREATIFITAS.
8.ADANYA RASA TAKUT BILA DINILAI/
DIANGGAP ORANG LAIN BODOH MERUPAKAN
SALAH SATU PENGHAMBAT KREATIFITAS
●
9.MERASA TAKUT TERHADAP KEGAGALAN
MERUPAKAN SUATU YANG MENGHAMBAT SUATU KREATIFITAS SESEORANG
●
10.PADA PRINSIPNYA SETIAP ORANG
MEMPU-NYAI POTENSI UNTUK BERKREATIF, TAKUT PADA KETIDAK MAMPUAN UNTUK BERBUAT
KREATIF MERUPAKAN HAMBATAN UNTUK BERPIKIR KREATIF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar