Rabu, 27 Juni 2012

MEMBANGKITKAN NALURI BISNIS

SIKAP PARA PEBISNIS 
HILANGKAN SEGALA RINTANGAN  DAN
HAMBATAN  YANG MENGHADANG DALAM
BISNIS BARU
KITA TIDAK DAPAT MENGUBAH NASIB, TAPI
KITA DAPAT MENGUBAH SIKAP.
JANGAN BAYANGKAN KESULITAN DALAM 
MEMBANGUN DAN MEMULAI BISNIS AKAN
TETAPI BAYANGKAN ALANGKAH ENAKNYA
JADI ORANG KAYA 
MEMBANGUN POLA PIKIR POSITIF DALAM BERBISNIS
1.PADA SAAT MEMULAI BISNIS, JANGAN PERNAH MERASA GAGAL SEBELUM ANDA MELAKUKAN AKTIFITAS BISNIS APAPUN
2.DALAM MENJALANKAN SEBUAH PROSES BERLAKU ATURAN BAHWA WALAUPUN KEMUNGKINAN BERHASIL SANGAT KECIL, TETAPLAH BERJUANG SAMPAI PADA TITIK TERAKHIR.
3.BANGUNLAH SIKAP UNTUK BERJALAN TERUS, PANTANG MENYERAH DAN INGAT BAHWA TIDAK ADA YANG TAHU TENTANG RUMUSAN BERHASIL KECUALI TUHAN  
MODAL BUKAN HANYA DUIT
1.BERPUSAT PADA PRINSIP, BUKAN PADA DUIT, STATUS ATAU PADA POSISI
2.PISAHKAN PERSONIL INTREST TERHADAP BISNIS ANDA
3.TIDAK BERSIKAP OVERESTIMATE TERHADAP ORANG LAIN DAN UNDERESTIMATE PADA DIRI SENDIRI
4.BERPIKIR JAUH KEDEPAN UNTUK MENDAPAT KEUNTUNGAN YANG BERKESINAMBUNGAN DIBANDINGKAN BERPIKIR JALAN PINTAS UNTUK KEUNTUNGAN SESAAT .
MENANGKAN SELALU SANG HATI NURANI DALAM KOMPETISI TERHADAP EGOISME NAFSU
KESIAPAN MEMBANGUN BISNIS BARU
INGAT PRINSIP BISNIS BAHWA BERBISNIS TIDAK
SEKEDAR MENGERUK KEUNTUNGAN SEBESAR-
BESARNYA KARENA KERUGIAN BISA MENGHAMPIRI
KITA ARTINYA :
YANG TERPENTING BUKAN PADA PENCARIAN
KEUNTUNGAN DAN MENGHINDARI KERUGIAN TAPI
KUNCINYA SIAPKAH ANDA UNTUK KONDISI BAIK
UNTUNG MAUPUN RUGI, INGAT TIDAK ADA BISNIS
YANG MENJANJIKAN KEUNTUNGAN ABADI DAN TIDAK
ADA YANG MENDATANGKAN KERUGIAN SEUMUR
HIDUP OLEH KARENA ITU ANDA AKAN MENJADI PEBISNIS :
“READY FOR PROFIT OR LOSS’’
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
1.HARGAI PENGALAMAN
2.HARGAI PENGETAHUAN.
3.KEUNTUNGAN YANG SEDIKIT.
4.HARGAI YANG DIBAWAH, MAKA YANG DIATAS AKAN MEMBESARKAN ANDA.
5.HARGAI YANG RENDAH, MAKA ORANG AKAN MENINGGIKAN ANDA
“JANGAN MENGUNAKAN MANAJEMEN KATAK”
ASSET  JARINGAN  SOSIAL  
1, ASSET MENJADI  MAHAL NILAINYA BILA MEMBERI- KAN MANFAAT YANG OPTIMAL KEPADA KONSUMEN.
2. ASSET DAN PENGELOLAANNYA MENUNTUT ADANYA PERTANGUNGJAWABAN/AKUNTABILITAS
3. KEJAR PROFIT JANGKA PANJANG, MAKA JANGKA PENDEK AKAN MENGIKUTI DENGAN SENDIRINYA
4. BERSIAP DAN BERSEDIALAH “PAYUNG SOSIAL“ SEBELUM MEMASUKI KETERPURUKAN USAHA.
5. BEKERJA KERAS TANPA HENTI-HENTINYA UNTUK MERAIH KESEMPATAN TANPA BATAS.   
LANDASAN SEMANGAT BISNIS
1.TANAMKAN JIWA DAN SEMANGAT SEBAGAI PAHLAWAN DALAM MENJALANKAN/ MENGELOLA BISNIS BUKAN HANYA SEKEDAR MENCARI KEUNTUNG SEMATA .
2.MEMPERHATIKAN/PEDULI TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA, ORANG TUA DAN KELUARGA, DAN ORANG-ORANG MISKIN, SERTA  KEMATIAN.
3.JALANKAN HIDUP DENGAN PENUH KESEDERHANAAN, JIWA YANG SANTAI DAN TETAP WASPADA SERTA MANFAATKAN WAKTU SEBAIK-BAIKNYA. 
MOTIVASI BERUSAHA
FONDASI DASAR MOTIVASI BISNIS.
MENDISIPLINKAN DIRI UNTUK MENABUNG (SAVING 10% -20 %)
MENGEMBANGBIAKAN ASSET BUKAN BANGUNAN,  FASILITAS DAN UANG (SDM )
MEMBANGUN IDE KREATIF
MEMANFAATKAN PENGALAMAN.
BRAND IMAGE ( PENCITRAAN TERHADAP MARK
       (BISNIS LEADER)
UNTUK MEMANFAATKAN SEMUA POTENSI DIPERLU-
KAN MOTIVASI (MOTIVASI BUKAN SEGALANYA,
SEGALA SESUATU DIMULAI DENGAN MOTIVASI) 
PRINSIP–PRINSIP KEBEBASAN
DALAM BISNIS
1.  MEROBAH MENTALITAS BISNIS DARI  SUPERMAN MENJADI SUPERTIM ( CONTOH PEMAIN BOLA ) SESEORANG TIDAK ADA YANG SEMPURNA ( KELEMAHAN, KETERBATASAN, KEKURANGAN )
2.  MERUBAH POLO HUBUNGAN  BISNIS DARI COMPETITION MENJADI CO-OPETITION, DENGAN PANDANGAN KOMPETITER SEBAGAI MUSUH, AKAN MEMBUAT KRETIFITAS DAN INOVATIF DAN MEMPERSEMPIT PELUANG USAHA. 
3.  PRINSIP CO-OPETITION ADALAH SUATU KONSEP YANG MENGAWINKAN ANTARA KOMPETISI DENGAN KOPERASI ATAU DALAM KATA LAIN BERSAING DALAM KERJASAMA DAN BEKERJASAMA DALAM BERSAING. SEBAGAI CONTOH YANG PALING FUNDAMENTAL ADALAH  INTEL PENTIUM DNG MICRO SOFT KRINDO 
PEMAHAMAN KEKAYAAN  
KEKAYAAN SESUNGGUHNYA BUKANLAH PADA APA
YANG ANDA LIHAT, TAPI JUSTRU ADA PADA APA
YANG ANDA RASAKAN DALAM HATI :
A.BAGAIMANA MENGHIDUPKAN KEHIDUPAN BUKAN SEKEDAR HIDUP.
B.DENGAN KEKAYAAN KITA MAMPU MENOLONG  SI MISKIN LEBIH BANYAK LAGI.
ALANGKAH INDAHNYA KEHIDUPAN YANG AKAN
TERJADI MANA KALA ADANYA KESEIMBANGAN
ANTARA YANG KELIMPAHAN DAN KEKURANGAN.   
5 (LIMA) PRINSIP MENGGAPAI SUKSES
1.MEYAKINKAN BAHWA KEBERHASILAN YANG DIRAIH ADALAH MERUPAKAN TITIPAN YANG SEWAKTU- WAKTU SANG PEMILIKKAN MENGAMBILNYA
2.APAPUN YANG KITA LAKUKAN AKAN DIMINTA PERTANGGUNG JAWABNYA.
3.KEJARLAH KEUNTUNG JANGKA PANJANG MAKA KEUNTUNGAN JANGKA PENDEK PASTI IKUT.
4.MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENJEMPUT AKHIR KEHIDUPAN USAHA.
5.BEKERJA KERAS TANPA HENTI UNTUK MERAIH TANPA KESEMPATAN YANG TANPA BATAS.
SIFAT-SIFAT SEORANG INNOVATOR
1.TEKUN DAN TIDAK MUDAH MENYERAH SERTA BERPUTUS ASA
2.ANTI KEMAPANAN (SELALU INGIN BERUBAH)
3.SIAP MENGHADAPI KEKACAUAN, KETIDAK MENENTUAN DAN TIDAK SEGAN UNTUK BERBEDA DENGAN MAIN STREANS PEMIKIRAN YANG ADA.
4.MEMPUNYAI KEPERCAYAAN DIRI YANG BESAR
5.BERUSAHA UNTUK MENJAUHI DIRINYA DARI KEGIATAN ATAU  PEKERJAAN YANG BERSIFAT RUTINITAS
PENGEMBANGAN KREATIFITAS DAN INNOVATIF MELALUI 5 LANGKAH  
1.MEMPERLEBAR/ MEMPERLUAS RUANG  BERPIKIR TERBUKA DAN BEBAS MELALUI BRAIN STORMING
2.MEMPUNYAI SIKAP ADAPTASI YANG CEPAT DAN TEPAT TERHADAP BERBAGAI PERUBAHAN
3.MEMILIKI MOTIVASI YANG SELALU BERKESINAM-BUNGAN.
4.BERTINDAK DENGAN KONSEP WIN–WIN SOLUTION
5.LAKUKAN REKRUITMEN ORANG–ORANG YANG MEMPUNYAI KEUNGGULAN   
  KIAT MENJADI SEORANG KREATIF
DAN IN
NOVATIF
1.TINGKAT KEYAKINAN DIRI
2.BUANG SIKAP RAGU-RAGU
3.CAMPAK RASA KETAKUTAN
4.SAMBUT SPONTANITAS
5.LAKUKAN AKSI SETIAP SAAT
 

 



   

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar