Senin, 21 Februari 2011

menulis ge...


Salah siapa ???
   Aku mengangkat satu persatu barang-barang yang baru ku beli ke dalam kamar kostku,ada dispenser,kasur, meja kecil,kursi plastic,rice cooker   dan lainnya.Kamar berukuran 4 X 4 itu sepertinya muat menumpang barbag-branag tersebut dan juga diriku.Yah semenjak aku lulus di salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung,akupun lebih memilh tinggal di kost-kostan,maklum orangtuaku tinggal di Jakarta.Sebenarnya mereka meyuruhku untuk tinggal bersama pamanku yanh juga tinggal di Bandung,namun rasanya tidak enak tinggal di tempat saudara.Aku mulai memberesi letak barang-barang tersebut,tak banyk menghabiskan waktu,kamar yang tadinya kosong melompong itu sudah terisi,tinggal .Aku istirahat sejenak, kuperhatikan sekeliling kostku,hmm sepertinya tempat ini bersahabat,di seberang ada swalayan, tak jauh dari sana terdpat taman yang cukup bagus unyuk menghilangkan penat sehabis kuliah nanti ,pikirku dalam hati,kawasanny pun sepertinya aman,karena di gerbang utama ada seoerang satpam yang bertugas. jalan raya pun dekat dan transportasi cukup lengkap,Yah semoga menyenangkan ,gumamku dalam hati.Suara merdu Katherine Mcphee mengalun dari hpku,tandanya ada panggilan masuk.
“halo ma…,jawabku
“kamu dah nyampe ra?dah siap beres-beresnya”?jawab wanita yang ku panggil mama itu.
“oh..udah kog,tapi yah belum kelar-kelar amatlah,neh ara ge istirahat..cape..heheh,”jawabku jujur.
:yaudah istirahat aja dulu,yang penting kamu baik aja kan”?
“iayah..mamah..”jawabku dengn nada manja.
“yaudah..ntar mama telpon ge yah..mama mau arisan dulu.”
“iyah..ibu arisan..”
Sesaat kemudian panggilan terputus.Aku pun kembali membereskan kamar kost ku yang masih kelihatan berantakan itu.
Aku memperhatikan barang-barang yang dijual di supermarket dekat kost ku,hmm banyak juga barang yang disediakan ,dan harganya pun lumayan murah.Hahaha..memnga cocok jadi swalayan anak kost seperti yang ku dengar dari ibu kost ku,saat pertama kali dia menjelaskan kondisi  sekitar.Tiba-tiba ada yang menegurku
“lo..anak baru yah di kawasan ini?kost dimana ?” Sambung seorang gadis yang umurnya agak lebih tua dariku.
“oh..iya,..aku kost di gang melati..,mbak sendiri?” tanyaku sedikit kebingungan
“di melati juga…yah berarti sama donk,..pasti lo anak unpad yah?” tanyanya lagi
“yup..dan kamu?”
“aku juga anak unpad stambuk 08 jurusan komunikasi  ,lo?eh..nama loe siapa?”tanyanya lagi
“aku queen sahara,tapi orang-orang biasanya manggil aku ara,..aku juga stambuk 08,cuman baru lulus tahun ini di ptn,.” Jawabku sambil tersenyum.
“oh..pantes mukanya masih muda gitu ternyata belum nyoba bangku kuliah toh…hahaha..”katanya bikin aku sedikit gak nyaman dan sempat berpikir apa kuliah itu bikin muka jadi mudah kusut atau apa gitu…
“jadi nama kamu  siapa?”
“oh…gue bella,..btw gue bias minta tolong gak? Yah gue tau she ini terlalu awal banget tapi kayaknya elo bersahabat deh orangnya ,betul kan ucap gue ?” sambungny alagi sambil meninju bahuku.
“kira-kira bantuan apa yah?aku masih baru disini,jadi mungkin….
“oh…tenang,ini bukan minta bantuan dicarikan jalan atau apa..selo aja lah..hehehe..”katanya sambil tertawa menambah kerutan di keningku .
“trus?”
“..hmm gene ,gue ada sepupu neh,lulus di I unpad juga sama kayak loe,..di butuh kost..tapi dah beberapa hari ini gue cari gak dapat,awalnya she bue dah nanya kost yang loe temapatin sekarang itu..eh…ternyata dah lo booking,telat deh gue,..jadi bias minta tolong gak,gimana kalo loe barang ma sepupu gue itu?” tanyanya sambil me ndekatkan wajanya padaku.
“bareng ma aku maksudnya?” jawabku sambil menujuk diriku.
“yap..boleh  gak?nama dia itu samlah dengn loe ,namanya queen..mungkin aja sama nama,sama sifat.”jawabnya asal.
Emang ada kaitan ??gumamku dalam hati.
“gue piker-pikir dulu yah..kan gak semudah itu ngasih keputusan” jawabku pelan takut membuat hati gadis yang baru ku kenal itu kecewa.
“okay deh..kalo loe dah rasa mantap,..neh no gue..”katanya sambil menulis sederetan angka di sebuah kertas   dan menyodorkan padaku.
“tapii aku gak janji yah..”jawabku sambil menerima kertas itu.
“oke..”katanya sambil berlalu dari hadapanku dan meninggalkan swalayan tersebut.
Dengan rasa kebingungan aku segera membayar barang-barang yang ku beli tersebut dan meninggalkan swalayan.
Sesampainya di kost,aku pun segera menelepon Radin,cowokku ,untuk meminta pendapatnya mengenai hal ini.
“halo beb…gimana kost barunya?”.sapa radin hangat.
“yah begitulah…eh..aku mau minta pendapt kamu ,boleh gak?” ucapku.
“Tanya apa ?”
“mm..gimana yah..kita ketemuan aja yok ,kamu gak lage sibuk kan??.” Tanyaku
“boleh aja…
“Okelah..bentar ge aku ke kost kamu yah…sekitar jam 4,oke?”
“ku tunggu yah..” ucapku lagi.
  Dengan perasaan bingung akupun menunggu kedatangan Radin.,dan ingin segera mendengar pendapatnya tentang permintaan Bella tadi.Radin adalah cowokku.Kami dah mulai jalan ketika duduk di bangku 3 SMA, dan bercita-cita kuliah di universitas yang sama.Namun sayangnya ,waktu ujian ke perguruan tinggi aku sama sekali tidak lulus di perguruan tinggi manapun,dan Radin lulus di perguruan tinggi yang kami rencanakan.Akhirnya tahun berikutnya,aku mencoba ikut test lagi,dan syukurlah aku lulus di universitas yang sama dengan Radin.
Tak berapa lama kemudian,Radin pun muncul,dengan memamerkan senyum khasnya yang buat aku pertama kali jatuh cinta sama dia.Masih keren juga di anak,gumamku dalm hati.
“hai..cewek..,”katanya sambil memamerkan deretan gigi-giginya yang menurutku komposisinya sangat bagus.
Sambil bertingkah manja,akupun membalas sapaanya.
“hi..juga..duduk yog..gak sabar ge pengen bilang ini.”ucapku.
“mau bilang apa seh..?” tanyanya.
Pertemuanku dengan Bella pun ku ceritakan dan tak lupa permintaannya.Radin hanya menggut-manggut dan raut mukanya menunjukkan tanda mengerti.
“gimana menurut kamu??aku terima dia aja?”
“mmm..aku she sebetulnya juga bingung ma bilang apa,secra kita juga lkum kenal ma dia,tapi kayaknya gak napalah..itung-itung nambha teman baru..gean anaknya kan satu jurusan ma kamu,menurutku she dah oke tuh…”ucap radin bersemangat.
“yodah deh..ntar aku kan jumpa ma dia,biasanya kan aku paling pande  ngenalin orang waktu pertama kali jumpa..gimana sifatnya gitu..”candaku
“hmmm..sok deh,..” ucap Radin sambil mengacak rambutku.
Setelah Radin pulang,akupun langsung menghubungi no Bella dan minta dia sama sepupunya itu untuk jumpa samaku.Keesokan harinya akupun jumap ma orang yang dimaksud Bella tersebut.
Queen  adalah cewek yang umurnya 1 tahun lebih muda dari aku. Anaknya cantik,modis bersahabat,dan mudah akrab denganku,setelah bercerita-cerita,ternyata banyak kesamaannya dengan ku. Aku pun tak ragu lagi untuk terima dia bareng satu kost denganku. Mulanya sekost dengan dia,menurutku fine-fine aja,dia rajin belajar,rajin bersih-bersih,supel dan rumahan.Namun sejak mengenal,Ben,yang anak komunikasi juga,Queen  mulai berubah.Sering pulang larut,gak rajin apa-apa lagi,dan bahkan kalu berpakaian agak kurang sopan,dan terkadang dia pulang dalam keadaan sedikit mabuk dan bau bir tecium dari napasnya.
“queen,..dari mana aja seh?kog pulang jam segene ..?” ucapku kesal
“ahh..mau tau urusan orang ja ..mending tidur aja geh..besok kan masuk pagi..” ucapnya sambil sedikir mendorong badanku.
“kog lo jawabnya gitu,gue kan Cuma nanya elo dari mana,..mank gak boleh? Ucapku lagi
“berisik banget she lo..bisa diam gak tuh mulut…”ucapnya sambil berlalu.
Dengan rasa sedikit kesal,akupun menuju tempat tidur.
Keesokan harinya,ketika aku bangun,aku tak menemukan queen tidur di ranjangnya.Segera aku beranjak dari tempat tidurku dan mencarinya.Di kamar mandi tak ada,di teas pu tak ada.Aku kalut,dan berpikir macam-macam.Apa dia tadi malam pergi diam-diam yah?gumamku dalam hati.Akupun segera menelpon Bella,yang kostnya Cuma beda 7 kmar denagn ku.Mudah-mudahan Queen ada disana.
“halo..” ucap Bella dengan nada suara datar.
“halo bel..Queen ada disana yah?” tanyaku khawatir.
“queen?dia gak ada disini,mank napa?”
“aduh..pigi kemana seh..dia gak ada di kost..”ucapku sedikit takut
“emang dia gak pulang semalaman atau apa?” Tanyanya dengan nada cemas
“dia pulang larut tadi malam,setahu gue,,dia gak kemana-mana ge..eh..pas gue bangun dia gak ada,dah dicari kemana-nama,hpnya pun gak aktif..” tuturku.
“elo gak usah cemas dulu..mungkin tadi pagi dia ke tempat kawannya atay apalh..ntar gue coba hubungi dia lagi,oke?
“ yodah deh..” ucapku sambil mengkhiri pembicaraan.
Dengan perasaan  tidak tenang,akupun berangkat kuliah.Sosok queen,sama sekali gak muncul di kampus.Kemana yah tu anak ,gumamku dalam hati.
“kamu kenapa she..kog mukanya gak enak banget diliat,”ucap radin waktu pulang bareng.
“queen..se kost gue..makin hari sikapnya tuh makin aneh aja deh..aku bingung ma dia.sering pulang larut,dan tadi pagi gak ada di kost..” tuturku melemah.
“emang gak pamit ma kamu?”
“klo pamit,mukaku gak mungkin sejelek ini” kataku sedikit cemberut.
“dia ada masalah mungkin…coba ntar klo dia dah balik,kamu tanyain “ saran Radin
“iya deh..”
Sesampainya di kost,sedikkit kecemasanku berkurang  melihat queen,duduk di teras dengan muka kusut.Akupun menghampirinya.
“tadi pagi lo pigi kemana..?” tanyaku lembut berharap queen menjawabnya.
“gue ke tempat Ben..”ucapnya sambil menitikkan air mata.
“loh..kog lo nangis..kenapa? lo marahan ma dia ?” tanyaku penasaran
“hari ini gue ulang tahun..dan jam 5 pagi tadi,Ben malah putusin gue..gue  langsung pigi ke tempat dia,supaya dia gak mutusin gue tanpa alasan yang jelas..tapi kenyataannya malah terbalik,dia tetap mutusin gue.” Ucapnya sambil berlinag air mata.
“ya ampun ..kog dia segitunya..emang sebelumnya klen dah marahan..?”
Queen hanya menggeleng.
“yodah-yodah,lo tenang aja dulu,mungkin dia ada masalah atau apa..jadinya gak bias berpikir jernih..”ucapku sambil mengelus  tangannya.
“dia gak bakalan mau nerima gue lagi..karena..karena..”ucapnya terbata-bata.
“karena apa ?” tanyaku penasaran
“karena gue hamil ra…”ucapnya sambil terisak
“apa ??lo hamil?” Kataku tak percaya..”siapa yang hamilin lo ?” sambung ku lagi
“Ben…tapi dia gak mau tanggung jawab ,..gue takut banget ra..giman klo bonyok ggue tau,ue bukannya belajar giat..malah gue kek gene..” isaknya lagi
Hatiku tak menenu,bingung dengan semua ini.Tak tau mau bilang apa
“gue dah cerita ma Bella..” ucapnya.
“dia bilang apa?” selidikku.
“dia bilang gue gugurin anak gue..sebelum bonyok gue tau”.
“jagan..”ucapku spontan
“loh..napa ra..?itu salah satu cara terbaik..yup gue harus ikutin saran Bella,gue harus gugurin anak gue sekarang..”ucapnya yakin
“lo gila yah..?lo mau bunuh anak yang gak berdosa? Gue bilang jangan “ sentak ku lagi
“emang lo sapa ?kakak gue?bukan kan..sepupu gue aja kasih saran gitu loh malah bilang yang lain,eh..dengar yah..klo elo ada di posisi gue..lo mau milih yang mana?gugurin kandungan lo urusan selesai atau ortu lo tau..trus mereka gak mau nerima lo..pilih mana lo? “ucapnya menantang.
Akupun terdiam tidak tau mau bilang apa.
“tapi.. queen …”
“udah deh ra..makasih loe dah baik slama ne ma gue..tapi tolong yah..kali ini gak usah ikut campur dalam masalah gue,oke?” katanya sambil pergi
Perasaanku campur aduk sekaligus sedih atas kejadian ini.
Kost kembali sepi.Sudah 1 minggu Queen,tak pulang..bareng-barengnya pun telah di jemput Bella semua.Waktu gue nanya ma Bella keberadaan Queen..dia hanya bilang queen aman dan sudah tenang dari semua masalahnya.Aku sedikit tenag mendenagr ucapannya
“makasih yah ra..selam ini lo dah baik sama dia..walaupun mungkin dia pernah bikin lo susah atau apa,lo maafin dia yah…”katanya dengan raut muka menhan tangis.
“iyah..salam yah buat dia..”ucapku.
3 tahun sudah berlalu.Akupun telah mendapat gelar S.komunikasi.Radin mengajakku bekerja bareng di tempatnya,yang bergerak di bidang kominiiasi perhubungan.Syukurlah..tak perlu merasakan susahnya pengangguran.
Suatu sore,ketika aku pulang kerja,aku mampir ke sebuah butik.Dan tanpa di duga-duga,pemilik butik itu adalah Bella,kawan sewaktu aku kulaih dulu.
“eh..ara.” sapanya duluan
“bella?  Wah apa kabar…dah lama gak jumpa yah..” ucapku sambil cipika-cipiki.
“sama…loe dah kerja yh..?
“yah..gitulah..hehe..eh..queen..apa kabar? Dia ada dimana sekarang?” tanyaku
Raut wajah Bella langsung berubah dan sedikit pucat .
“hello..lo gak kenapa kan ?” tanyaku ragu.
“eh..iya..gue gak apa kog..ra,gue harus cerita sama lo..duduk dulu yog.”katanya sambil membawaku ke ruangannya.Dengan  perasaan bingung akupun mengikuti langkahnya .
“la..lo gak apa ka..?” tanyaku untuk meyakinkan perubahan mukanya atas pertanyaanku tentang queen.
“eh..gue gak ap kog,..ra maaf yah salama ini gue dah boong sama loh tentang keberadaan queen..gue tau gue salah..sebenarnya dia…
“dia kenapa?” kataku semakin bingung.
“dia dah ninggal ra..”katanya sambil menitikkan air mata.
“ninggal?dia sakit apa?” tanyaku tak percaya
“ini semua salh gue..andai kita ikutin saran lo waktu itu..kejadiannya pasti gak kek gene.”
“maksud lo apa ?gue gak ngerti la..”ucapku semakin bingung
“kalau kita ikutin saran loe gak guurin kandungan dan ngasih tau yang sebenarnya ma orang tua queen..mungkin dia masih hidup sekarang ini.” Katanya sambil terisak
“jadi…
“dia ninggal waktu gugurin anaknya..”potong bella
Tak terasa air mataku pun jatuh,akupun ikut merasa bersalah karena gak bisa memaksa queen untuk mempertahankan bayinya.
Bella pun membawa aku ke makam queen.
Sesampai disana,aku menangis sebisa ku.Aku teringat semua hal tentang queen dan pertemananku dengannya.Sungguh semua di luar  dugaan ku.Dia harus pergi secepat itu.Aku berharap dia bisa tenag di sana.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar